Dilihat : 99 kali

ARAH BAIK – Kedatangan Presiden Jokowi ke Rusia mengungkapkan banyak hal tak terduga.

Dalam pernyataan pers resminya bersama Jokowi, Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan posisi Indonesia dalam pandangan Rusia.

“Saya sangat senang dengan kedatangan Indonesia, karena Indonesia adalah salah satu mitra kunci kami di wilayah Asia Pasifik,” ucap Vladimir Putin, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden RI, Jumat 1 Juli 2022.

“Hubungan Rusia-Indonesia itu saling bantu dan saling mengungtungkan. (Hubungan ini juga) terus berkembang atas dasar tradisi persahabatan yang baik sejak lama,” lanjutnya.

Terkait krisis pangan yang disoroti Jokowi, Vladimir Putin bersikeras negara-negara Barat yang jadi biang masalahnya.

Vladimir Putin lantas menjelaskan kepada Jokowi terkait situasi di Ukraina dari pandangannya sembari mengatakan bahwa pemberitaan yang sampai ke Indonesia kemungkinan besar sudah dimodifikasi oleh Barat.

“Saya telah menjabarkansecara rinci kepada Presiden Jokowi perihal masalah internasional dan situasi yang berkembang di Ukraiana,” ucapnya.

Vladimir Putin memastikan pandangan Rusia selaras dengan Indonesia. Ia menganggao pemulihan rantai pasokan yang terganggu oleh sanksi Barat merupakan agenda krusial dan prioritas.

“Dalam konteks ini, penting mengkondisikan sanksi dan mengembalikan rantai pasok pangan yang rusak,” tuturnya.

Vladimir Putin menyatakan kesiapan Rusia untuk memenuhi permintaan produsen pertanian di Indonesia dan negara-negara sahabat lainnya.

Khususnya untuk produk-produk seperti pupuk nitrogen, fosfor, kalium, serta bahan baku unuk membantu para petani.

Di akhir pernyataannya, Vladimir Putin kembali beterima kasih kepada Indonesia atas negosiasi produktif yang diinisiasi Jokowi.

Ia meyakinkan bahwa berbagai macam kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan tersebut akan berkontribusi sangat besar pada urusan-urusan negara Rusia.

Terakhir, Vladimir Putin mengungkapkan harapan baik dan dukungannya atas keberlangsungan agenda G20 yang akan diselenggarakan November mendatang di Indonesia.

“Kami mendukung upaya tersebut, presiden dalam persiapan penyelenggaraan G20 yang akan diadakan tahun ini di Indonesia,” ucapnya.***


Putin Ke Jokowi Negaranegara Barat Jadi Biang Masalah Dari Krisis Yang Melanda Dunia